26 December 2012


Outdoor sitting

Berada di dalam ruangan terus menerus tentu tidak menyenangkan dan tidak baik untuk kesehatan. Sesekali biarkan tubuh menghirup dan bersinggungan  langsung dengan udara alami di luar.

Cara yang paling mudah untuk memaksimalkan interaksi dengan alam salah satunya dengan menciptakan sudut untuk bersantai di antara taman rumah Anda. Tidak perlu jauh-jauh, karena bisa dilakukan disela-sela kesibukan Anda sehari-hari. Bercengkerama dengan keluarga, sambil menikmati secangkir kopi dan camilan menjadi terasa lebih menyenangkan. Atau sarapan pagi bersama di meja yang sengaja ditempatkan di teras yang hanya ‘beratap’ kanopi  pepohonan, mengapa tidak ?
Untuk menciptakan sudut sitting di luar, perlu beberapa hal perlu dipersiapkan agar aktivitas santai menjadi terasa lebih nyaman.

  • Tentukan posisi dimana
Lokasi yang dipilih sebaiknya tidak terlalu jauh dari ruang-ruang dalam, misalnya teras yang menghadap ke arah dalam untuk memudahkan ketika anda harus bolak balik mempersiapkan sesuatu. Apabila lebih ditujukan untuk aktivitas di pagi hari, upayakan tidak menghadap ke arah Timur. Sebaliknya apabila lebih sering digunakan ketika sore hingga senja, hindari matahari sore sehingga tidak menghadap ke arah Barat.

  • Membentuk suasana
Menciptakan suasana di seputar sudut sitting area perlu dilakukan, agar suasana terasa lebih mengena tidak sekadar memindahkan kursi ke luar saja. Kolam dengan ikan yang menari lincah serta suara air yang jatuh dari mulut pancuran, terasa memberi keteduhan dan menggoda. Koleksi tanaman hias yang terawat rapih di dalam pot-pot cantik, juga bisa menjadi topik pembicaraan hangat keluarga yang hobby berkebun.

  • Persiapkan dengan cermat
Persiapkan sudut dengan cermat terutama kebersihan di lingkungan sekitarnya, tidak becek dan lembap serta tidak ada sumber bau di sekitarnya. tutup permukaan lantai menggunakan bahan yang disesuaikan dengan bentuk kegiatan. Apabila digunakan untuk duduk lesehan di lantai, sebaiknya tutup dengan bahan kayu yang difinishing glossy sehingga terasa nyaman dan hangat.

  • Nyaman dengan kanopi
Kanopi tetap diperlukan untuk menunjang kenyamanan karena paparan sinar matahari di lingkungan tropis sangat menyengat. Pentupan atap bisa menggunakan payung portable atau cukup menggunakan kanopi pepohonan. Namun cahaya matahari sampai jam 9 pagi masih terasa nyaman dan kaya menyehatkan karena masih banyak mengandung vitamin D dan tidak berbahaya karena tidak mengandung sinar UV.
  • Piranti pelengkap sangat menunjang
Yang utama yaitu kelengkapan untuk duduk, bisa menggunakan kursi malas, kursi panjang, seperangkat meja dengan kursi tunggal untuk bersantap. Bahkan sekadar menggelar lampit dengan bantal-bantal empuk, sudah cukup menlengkapi aktivitas santai Anda. Untuk furnitur yang diletakkan permanen, sebaiknya pilih jenis yang tahan dengan cuaca seperti rotan sintetik atau berbahan besi tempa yng kokoh.


No comments:

Post a Comment