26 December 2012


GAZEBO UNIK

Duduk sambil santai menikmati keindahan taman, bisa dilakukan di dalam gazebo. Desain bangunan gazebo dibuat dengan atap tetapi tanpa menggunakan dinding, agar lebih terasa menyatu dengan pepohonan di sekitarnya. Desain gaya etnik tradisional dengan atap rumbia atau berdesain simpel dengan atap datar yang transparan, keduanya bisa dipalikasikan untuk melengkapi sudut mungil taman Anda. Tempatkanlah gazebo di lokasi yang strategis agar mudah diakses dan memiliki view terbaik ke segala arah.

Style
Sesuaikan karakter gaya bangunan gazebo terhadap bangunan utama dan terhadap gaya taman yang melengkapinya. Umumnya bangunan berarsitektur modern akan lebih tepat dipadukan dengan gazebo bergaris simpel dan berkesan modern. Namun paduan dengan gazebo dengan sentuhan tropis namun bergaris simpel, lebih terasa hidup dan berkarakter. Apalagi bila ditunjang dengan taman tropis natural di sekelilingnya.

Bentuk dan Ukuran
Umumnya gazebo berbentuk square berukuran 2.5 m x 2.5 m, 3 m x 3 m atau bahkan hingga 4 m x 4 m apabila ruang yang tersedia cukup lebar. Bentuk persegi akan terlihat lebih simetris terutama bila menggunakan atap berbentuk limas. Namun demikian formasi bentuk gazebo bisa menyesuaikan dengan ruang yang tersedia. Sesuaikan ukuran gazebo dengan luasan ruang yang tersedia, sisakan area untuk mobilitas dan sesuaikan dengan skala ruang yang tersedia sehingga bangunan terlihat utuh dan menyatu.

Bahan / material
Struktur gazebo bisa dibuat dari kayu, kayu kelapa atau pun kombinasi dari keduanya. Material alternatif lainnya yang bisa digunakan yaitu bambu dan baja/metal. Kayu kelapa yang sudah dihaluskan permukaannya dan dibentuk silinder menjadi struktur penopang atap. Sedangkan kayu kelapa dan kayu yang berbentuk balok menjadi struktur atap. Penutup atap bisa menggunakan genteng, rumbia dan daun ilalang yang dirajut rapat. Gazebo berbahan metal terlihat lebih light dan tidak memakan tempat. Struktur tiang-tiang baja bisa dilengkapi dengan atap berbentuk datar dari bahan yang sama kemudian ditutup dengan kaca atau bahan penutup transparan lainnya.

Furnitur pelengkap
Duduk lesehan atau menggunakan kursi ? tergantung dari ukuran gazebo dan desain yang dikehendaki. Apabila menyukai duduk dengan cara lesehan, permukaan lantai gazebo perlu ditinggikan sekitar 50- 60 cm sehingga membentuk dudukan seperti konsep ‘amben’, sehingga ketika duduk tidak terasa tenggelam diantara taman. Namun apabila ingin terasa lebih formal perlu dilengkapi dengan kursi taman, lantai cukup dibuat sejajar atau sedikit lebih tinggi dari permukaan di sekelilingnya. Sesuaikan ukuran, gaya dan material furnitur dengan ukuran ruang di dalam gazebo agar tampil lebih serasi.



No comments:

Post a Comment