26 December 2012


BILA KURANG CAHAYA


Tidak bisa dihindari kadangkala ada satu dua sudut diantara taman di rumah kita berada pada situasi terjepit diantara dinding tinggi sehingga cahaya matahari sangat minim masuk ke dalam. Dalam situasi seperti ini tidak semua tanaman bisa tumbuh maksimal. Apa yang sebaiknya  dilakukan ?

·         Tanaman tumbuh butuh cahaya. Kekurangan cahaya akan menyebabkan dia tidak tumbuh maksimal, pucat, kurus dan tumbuh meninggi namun tidak kokoh karena ada kecenderungan dia tumbuh mencari arah cahaya datang.
·         Maksimalkan cahaya matahari masuk ke dalam, misalnya dengan membuat atap yang transparan seperti kaca dan polycarbonite. Jalusi dari kayu yang disusun berjajar di dalam akan menghasilkan efek bayangan dramatis di  saat matahari berada tepat di atas.
·         Hindari penyiraman yang berlebihan karena semakin meningkatkan kelembaban tanah dan udara di sekitarnya, akibatnya tanaman 
      mudah menjadi busuk.
·         Hijaukan permukaan tanah dengan kucai kerdil atau kerikil saja dengan batu
       setapak untuk pijakan ketika membersihkan sudut ini.
·         Alternatif lainnya yaitu dengan tanaman yang menyukai teduh 
       (shaddy plant) sehingga lebih mudah beradaptasi.
·         Apabila menggunakan kerikil untuk penutup permukaan tanah, upayakan untuk 
       tidak menutup permukaannya secara permanen 
      agar masih bisa meneruskan air masuk ke dalam tanah. Supaya 
      kerikil tidak kotor maka sebaiknya permukaan tanah ditutup dahulu dengan struktur temporer yang masih bisa meneruskan air, seperti grass block dan batu bata yang selanjutnya dilapisi dengan kerikil. 

No comments:

Post a Comment