26 December 2012


AGAR TANAMAN RAJIN BERBUNGA

Bunga merupakan satu keistimewaan yang dimiliki oleh tanaman  dan menjadi daya pikat. Dari bentuknya maupun dari warnanya memberi keceriaan dan sentuhan cantik di halaman rumah Anda. Lalu bagaimana agar tanaman tersebut rajin berbunga, apalagi dalam jumlah banyak dan terus menerus. Info praktis ini mungkin bisa membantu.

Kenali Karakter Tanaman Ketika Berbunga

Ada tanaman yang berbunga tanpa mengenal musim alias berbunga sepanjang tahun. Namun ada pula yang hanya sekali dalam setahun selama rentang waktu seminggu – sepuluh hari saja. Beberapa jenis merupakan tanaman semusim karena setelah masa bunga habis, dia akan mati.

Bunga Perlu Cahaya

Tanaman yang ditanam di sudut yang terbuka dan memungkinkan mendapat paparan sinar matahari sepanjang hari, akan mampu menghasilkan bunga lebih banyak dari pada tanaman yang ditanam di tempat ternaungi.Cahaya menstimulus munculnya kuncup bunga.

Pangkas Pucuk Tanaman Dengan Benar

Cara praktis diatas perlu dilakukan terutama untuk bunga yang muncul di ujung-ujung tunas tanaman, bukan di batang utama. Pemangkasan sebaiknya rapi dan menggunakan alat yang tajam seperti gunting tanaman atau pisau tajam. Bekas potongan yang rapi akan lebih mendorong tunas bunga segera tumbuh.

Tergantung Musim

Di musim kemarau, tanaman lebih rajin dan lebih banyak membentuk bunga dibandingkan dengan musim penghujan. Khusus untuk tanaman yang ditanam di pot bisa diatur dengan meminimalkan jumlah air yang diberikan. Pemberian air yang berlebih setelah masa kering yang lama, akan mendorong munculnya bunga serentak dalam jumlah banyak. Fenomena fully bloom ini bisa terlihat pada pergantian musim, di akhir musim kemarau dan di awal musim hujan.

Pilih Pupuk Dengan Kandungan yang Tepat

Tanah subur menjamin pertumbuhan tanaman yang sehat karena mengandung kandungan makanan yang dibutuhkan. Namun perlu dipahami bahwa setiap periode tumbuh, tanaman membutuhkan jenis hara yang berbeda. Untuk pertumbuhan awal dimana tanaman sedang membentuk cabang dan daun yang banyak, membutuhkan unsur Nitrogen (N) yang lebih banyak dari pada unsur lainnya. Sedangkan untuk masa periode berbunga dan berbuah, tanaman lebih memerlukan unsur Phospor (P). Itu sebabnya dikenal pupuk khusus untuk bunga, pupuk khusus untuk daun dan pupuk khusus untuk daya tahan tubuh. Pupuk urea mengandung unsur N. Pupuk NPK ada beberapa varian, unsur apa yang paling banyak, bisa dilihat dari persentase masing-masing unsur penunjangnya. Sedangkan pupuk jenis organi seperti pupuk kandang, kompos dan humus lebih ditujukan untuk memperbaiki struktur tanah.


No comments:

Post a Comment